Thursday, September 19, 2019

Pabrik Spiritus dan Arak (PSA) Palimanan - Cirebon

  Kholik Achmad       Thursday, September 19, 2019




Pabrik Spiritus dan Arak (PSA) Palimanan yang didirikan tahun 1883 dengan nama “Gist and Spiritus Fabriek Palimanan”, adalah anak perusahaan dari NV Aments Suikerfabrieken (pemilik PG Gempol). Pabrik ini didirikan dengan maksud untuk mengolah molassess dari PG Gempol.

PG Gempol sendiri yang didirikan tahun 1847, merupakan salah satu unit operasional pabrik gula PT PG Rajawali II yang tidak beroperasi lagi atau sudah ditutup sejak tahun 1996.

Arak yang diproduksi pabrik ini adalah ‘istimewa’ dan khusus diekspor ke negeri Belanda. Pabrik PSA Palimanan hanya mengeksport bahan baku, bukan arak kemasan. Setiap tiga bulan sekali bahan baku arak akan dikirim ke Belanda.

Berkaitan dengan tangki araknya yang dibuat dari kayu jati, hal tersebut telah dilakukan sejak pabrik masih dimiliki perusahaan Belanda. Bahan kayu jati ternyata memberikan aroma dan cita rasa khas, sehingga konsumen di negeri Belanda memesan khusus dan selalu melakukan pengawasan berkala untuk produksi arak ini.

Pabrik ini mampu memproduksi Ethanol 95% sebanyak 3.000.000 liter, Ethyl Ethanol 65% sebanyak 184.000 liter, dan Spiritus sebanyak 250.000 liter.

Sumber: PG-Rajawali2

logoblog

Thanks for reading Pabrik Spiritus dan Arak (PSA) Palimanan - Cirebon

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment